• Tujuan
  • Bab 1 pendahuluan




    Download 9.49 Kb.
    Sana04.07.2020
    Hajmi9.49 Kb.






    1. BAB 1

    2. PENDAHULUAN




      1. 1.1 Latar Belakang Masalah


    Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju pada masa sekarang ini, penggunaan perangkat elektronika digital sudah banyak digunakan disegala bidang salah satunya dalam bidang komputerisasi dan aplikasi yang berbasis mikroelektronika. Komponen elektronika digital saat ini memegang peranan sangat penting dalam kemajuan teknologi, hal ini terbukti dengan berbagai macam penemuan baru yang berhubungan dengan elektronika dan sistem pengendalian secara digital. Penggunaanya sudah disesuaikan dengan kebutuhan sehingga memudahkan seseorang untuk membuat atau merancang piranti elektronika digital dengan mudah dan murah. Untuk merancang sebuah peranti elektronika digital, harus dilihat komponen-komponen yang dapat mendukung pembuatan peranti elektronika yang berbasis pada mikroelektronika.

    Dalam mata kuliah rangkaian digital kita akan dihadapkan pada suatu pokok pembahasan yaitu rangkaian kombinasional yang dirancang khusus untuk menyelesaikan bentuk persamaan logika. Rangkaian kombinasional ini bersumber pada komponen IC (Integrated Circuit), karena semua rangkaian digital dibentuk dari gerbang dasar. Dalam perkembangannya komponen gerbang logika atau gerbang dasar dapat ditemukan dalam kemasan IC, Pembuatan piranti rangkaian kombinasional ini lebih dikhususkan untuk penambahan modul praktikum mata kuliah rangkaian digital.


      1. Tujuan


    Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka tujuan pembuatan alat pada tugas akhir ini adalah:

    • Sebagai modul rangkaian kombinasional yang akan digunakan dalam praktikum rangkaian digital.

    • Memberi gambaran mengenai fungsi rangkaian kombinasional dalam menyelesaikan beberapa contoh persamaan.

    1.3 Batasan Masalah

    Laporan tugas akhir ini akan dibahas mengenai perancangan dan pengoperasian rangkaian kombinasional digital. Satu hal yang perlu kita ketahui bersama adalah jumlah input yang dapat diberikan pada rangkaian kombinasional sangat bervariatif. Laporan memuat perancangan rangkaian kombinasional dengan jumlah input sebanyak 3 dimana keadaan outputnya hanya tergantung pada kombinasi input-inputnya saja. Sehingga dapat menyelesaikan 8 bentuk persamaan kombinasional berdasarkan tabel kebenaran.












    Download 9.49 Kb.




    Download 9.49 Kb.

    Bosh sahifa
    Aloqalar

        Bosh sahifa



    Bab 1 pendahuluan

    Download 9.49 Kb.