• Optik Geometrik
  • Bab 13. Optika 13. 1 Pendahuluan




    Download 105.99 Kb.
    bet1/12
    Sana29.07.2021
    Hajmi105.99 Kb.
      1   2   3   4   5   6   7   8   9   ...   12

    | Page



    Bab 13. Optika
    13.1 Pendahuluan

    Optika adalah ilmu yang mempelajari tentang cahaya atau lebih luasnya lagi tentang spektrum elektromagnetik. Karena itu aspek-aspek gelombang dari cahaya harus mendapatkan perhatian yang utama. Optika sendiri dibagi atas dua bagian utama:


    Optik Geometrik:

    Mempelajari sifat-sifat cahaya dalam medium, misalnya: pembiasan, pemantulan transmisi serta prinsip propagasi perambatan cahaya pada alat-alat optik.



    Optik Fisis:

    Mempelajari tentang keadaan fisis cahaya serta tingkah laku cahaya sebagai gelombang, misalnya peristiwa interferensi, difraksi, dispersi, polarisasi serta gagasan- gagasan mengenai hakekat cahaya.


    Optika sebagai salah satu cabang fisika yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik, saat ini aplikasinya sangat berkembang dengan pesat. Pemanfaatan sistem optik dalam desain dan konstruksi komponen IC semakin mengefektifkan dan mengefisienkan pembuatan peralatan elektronik dan instrumentasi. Dalam sistem komunikasi, sistem optik ini juga lebih meningkatkan kemampuan penyaluran dan transformasi informasi. Demikian juga dalam sistem pemantauan dengan sistem informasi. Geografis sistem optik ini meningkatkan kualitas dan kuantitas dari hasil pemantauan sumber daya alam di permukaan maupun di bawah permukaan bumi. Dalam bidang kesehatan penggunaan spektrum cahaya seperti sinar laser, sinar UV sampai sinar infra merah sangat maju dalam bidang diagnostik maupun terapi, terlebih dalam aplikasinya dalam bidang spektroskopi yang berkembang dengan sangat pesatnya. Hampir pada semua bidang sains penggunaan ilmu optik sangat berkembang dengan pesatnya, dan diramalkan akan mengungguli penggunaan material dibidang informasidan komunikasi. Di bidang pertanian, ilmu spektroskopi yang memanfaatkan teknologi optik berkembang dengan pesat sebagai salah satu teknologi masa depan. Salah satunya digunakan sebagai teknologi uji keaslian produk pertanian bernilai jual tinggi.

    Pada bab ini pembahasan tentang optika ini akan dibagi atas tiga bagian. Yakni pembahasan tentang pemantulan dan pembiasan cahaya, perambatan cahaya pada peralatan optis yang sederhana dan pembahasan sifat sifat cahaya sebagai gelombang.




    Download 105.99 Kb.
      1   2   3   4   5   6   7   8   9   ...   12




    Download 105.99 Kb.

    Bosh sahifa
    Aloqalar

        Bosh sahifa



    Bab 13. Optika 13. 1 Pendahuluan

    Download 105.99 Kb.