Bab II analisis dan perancangan ic dan Opamp Sebagai Komparator Atau Pembanding




Download 100.5 Kb.
bet1/3
Sana01.06.2021
Hajmi100.5 Kb.
  1   2   3



BAB II

ANALISIS DAN PERANCANGAN

2.1. IC dan Opamp Sebagai Komparator Atau Pembanding

Komparator yang menggunakan LM311 dan LM741 adalah suatu blok penguat yang mempunyai dua masukan dan satu keluaran. OpAmp biasa terdapat di pasaran berupa rangkaian terpadu (integrated circuit-IC). Perbedaan tegangan antara input v+ dan v- adalah nol (v+ - v- = 0 atau v+ = v- ). Pada input OpAmp adalah nol (i+ = i- = 0)




Gambar 2.1. Rangkaian Dasar Penguat Operasional (OpAmp)
IC LM311 dan LM 741 (op-amp) merupakan IC analog (linear) dimana respon yang diperlukan dari rangkaian benar – benar linear agar mencegah sinyal dari pengaruh distorsi ketika sedang dikuatkan. Piranti ini dapat pula digunakan dalam aneka macam pemakaian penguatan, pengolahan sinyal, serta pembangkitan bentuk gelombang. OpAmp pada dasarnya penguat DC low-drift (geser-rendah) dengan penguatan differensial lup terbuka yang amat tinggi. Kapasitor internal memberikan kestabilan dan mencegah osilasi menyebabkan penguatan lup terbuka turun bila frekuensi meningkat. Dengan komponen luar yang sesuai, IC OpAmp dapat dirancang sebagai rangkaian penguat, osilator, generator bentuk gelombang, filter aktif dsb. Adapun diagram alir dari rangkaian komparator tersebut sebagai berikut :

Gambar 2.2. Diagram Alir dari Rangkaian Komparator.


Sumber tegangan Variabel atau juga disebut Vin dari rangkaian LM311 dan LM741 dapat diubah-ubah melalui Rpot yang berfungsi sebagai pengubah input tegangan pada masing-masing IC sesuai yang dikehendaki. Tegangan Refrensinya bernilai tetap karena dihubungkan dengan resistor pembagi tegangan yang nilainya R1=10k dan R2=15k, jadi nilai tegangan yang diperoleh di VRef adalah 2,29 volt.

Untuk rangkaian uji LM311, hasil tegangan keluaran dari rangkaian tersebut dihubungkan dengan salah satu keluaran rangkaian Pull-Up yaitu keluaran RD dirangkai secara seri dengan LED dan RC. Sedangkan untuk mengukur hasil pengamatan tersebut menggunakan Multimeter Digital.






    1. Download 100.5 Kb.
  1   2   3




Download 100.5 Kb.

Bosh sahifa
Aloqalar

    Bosh sahifa



Bab II analisis dan perancangan ic dan Opamp Sebagai Komparator Atau Pembanding

Download 100.5 Kb.