Manfaat radiasi gelombang elektromagnetik dan dampaknya dalam kehidupan sehari hari




Download 196.13 Kb.
bet1/9
Sana24.04.2021
Hajmi196.13 Kb.
  1   2   3   4   5   6   7   8   9

TUGAS PROYEK

MANFAAT RADIASI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DAN DAMPAKNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI - HARI“



Oleh : m.iqbal

Kelas : XII IPA 3

No. Absen : 23



MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PALEMBANG

TAHUN AJARAN 2020 / 2021

Latar Belakang

Gelombang elektromagnetik ditemukan oleh Heinrich Rudolf Hertz. Setiap muatan listrik yang memiliki percepatan memancarkan radiasi elektromagnetik. Waktu kawat (atau panghantar seperti antena) menghantarkan arus bolak-balik, radiasi elektromagnetik dirambatkan pada frekuensi yang sama dengan arus listrik. Bergantung pada situasi, gelombang elektromagnetik dapat bersifat seperti gelombang atau seperti partikel. Sebagai gelombang, dicirikan oleh kecepatan (kecepatan cahaya), panjang gelombang, dan frekuensi.

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak membutuhkan medium untuk merambat. Artinya, gelombang elektromagnetik bisa merambat meskipun dalam ruang hampa seperti di luar angkasa.

Keberadaan gelombang elektromagnetik didasarkan pada hipotesis Maxwell “James Clark Maxwell ” dengan mengacu pada 3 fakta relasi antara listrik dan magnet yang sudah ditemukan oleh para ilmuwan sebelumnya. Beberapa percobaan awal mngenai hubungan antara listrik dan magnet adalah :
- Percobaan Oersted yang berhasil membuktikan : arus listrik dalam konduktor menghasilkan medan magnet disekitarnya (jarum kompas menyimpang bila di dekatkan pada kawat yang dialiri arus listrik)
- Percobaan Faraday yang berhasil mebuktikan batang konduktor yang menghasilkan GGL induksi pada kedua ujungnya bila memotong medan magnet.
- Percobaan Faraday yang menunjukkan perubahan fluks magnetik pada kumparan menghasilkan arus induksi dalam kuparan tersebut.


Download 196.13 Kb.
  1   2   3   4   5   6   7   8   9




Download 196.13 Kb.

Bosh sahifa
Aloqalar

    Bosh sahifa



Manfaat radiasi gelombang elektromagnetik dan dampaknya dalam kehidupan sehari hari

Download 196.13 Kb.