• Fungsi OPAMP
  • Macam-macam OPAMP Komparator (rangkaian pembanding )
  • Penguat pembalik (inverting amplifier)
  • Nama : cita windiarsih




    Download 74.91 Kb.
    bet1/2
    Sana06.07.2020
    Hajmi74.91 Kb.
      1   2

    NAMA : CITA WINDIARSIH

    NIM : 115100201111030

    KELAS : E


    1. Jelaskan pengertian OPAMP

    OPAMP merupakan singkatan dari Operational Amplifier atau Penguat operasional adalah rangkaian elektronik yang dirancang dan dikemas secara khusus sehingga dengan menambahkan komponen luar sedikit saja dapat dipakai untuk berbagai keperluan. OPAMP merupakan salah satu komponen analog yang sering digunakan dalam berbagai aplikasi rangkaian elektronika.

    Op-Amp memiliki 2 rangkaian feedback (umpan balik) yaitu feedback negatif dan feedback positif. Secara umum, umpanbalik positif akan menghasilkan osilasi sedangkan umpanbalik negatif menghasilkan penguatan yang dapat terukur.



    OPAMP di dalamnya terdiri dari beberapa bagian, yaitu penguat diferensial, lalu ada tahap penguatan (gain), selanjutnya ada rangkaian penggeser level (level shifter) dan kemudian penguat akhir yang biasanya dibuat dengan penguat push-pull kelas B. gambar 1 menunjukkan diagram dari op-amp yang terdiri dari beberapa bagian tersebut. Simbol opamp seperti pada gambar 2 dengan 2 input, non-inverting (+) dan input inverting (-). Umumnya op-amp bekerja dengan dual supply (+Vcc dan –Vee). Simbol rangkaian di dalam opamp pada gambar 2 adalah parameter umum dari sebuah opamp. Rin adalah resitansi input yang nilai idealnya infinit (tak terhingga). Rout adalah resistansi output dan besar resistansi idealnya 0 (nol). Sedangkan AOL adalah nilai penguatan open loop dan nilai idealnya tak terhingga.

    Gambar 1 : diagram block OPAMP


    Vout
    Group 17

    Gambar 2 : diagram skematik simbol OPAMP



    1. Fungsi OPAMP

    Pada mulanya OPAMP digunakan untuk rangkaian perhitungan analog, rangkaian pengaturan dan instrumentasi. Fungsi utamanya adalah untuk melakukan operasi linier matematika (tegangan dan arus), intregasi dan penguatan, atau lebih singkatnya piranti solid-state yang mampu mengindera dan menguat sinyal masukan baik DC maupun AC.

    1. Macam-macam OPAMP

    1. Komparator (rangkaian pembanding )

    Merupakan salah satu aplikasi yang memanfaatkan penguatan terbuka (open-loop gain)  penguat operasional yang sangat besar. Yaitu komparator, Komparator membandingkan dua tegangan listrik dan mengubah keluarannya untuk menunjukkan tegangan mana yang lebih tinggi.

    Dimana Vs adalah tegangan catu daya dan penguat operasional beroprasi diantara + Vs dan –Vs



    1. Penguat pembalik (inverting amplifier)

    Inverting amplifier ini, input dengan outputnya berlawanan polaritas. Jadi ada tanda minus pada rumus penguatannya. Penguatan inverting amplifier adalah bisa lebih kecil nilai besaran dari 1,



    Download 74.91 Kb.
      1   2




    Download 74.91 Kb.

    Bosh sahifa
    Aloqalar

        Bosh sahifa



    Nama : cita windiarsih

    Download 74.91 Kb.