• Teknologi komputer dan manfaatnya dalam dunia mengajar
  • Perangkat keras dan perangkat lunak yang harus dimiliki dan dikuasai oleh pengajar Bahasa
  • DAFTAR PUSTAKA
  • Yang sangat berguna untuk digunakan dalam pengajaran bahasa




    Download 56.93 Kb.
    Sana06.07.2020
    Hajmi56.93 Kb.

    PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

    YANG SANGAT BERGUNA UNTUK DIGUNAKAN

    DALAM PENGAJARAN BAHASA

    Oleh : Firmansyah Diyata

    ASTRACT
    The development of computer technology has great positive influences for many sectors in the world. One of the sectors that has significant development by using modern computer technology is eduction sector. It makes use all hardware and software of computer technology development in order to develop and innovate aspects of teaching and learning process.

    Some of hardware and software which are available by the computer development can be very useful to be applied in language learning and teaching process. These kinds of hardware and software can help language teachers to create teaching materials which are interesting in design, present the teaching materials interestingly and efficiently, keep all the work in a digital storage almost unlimitedly, and innovate their teaching approach and technique by using computer technology development as its reference.

    In order to find out what hardware and software that are considered to be useful for language teachers to use when facilitating teaching materials for their students, the paper will discuss some of them.
    Key words: hardware, software, device
    Pendahuluan

    Perkembangan teknologi di dunia semakin hari semakin luar biasa. Hal ini dimulai dengan ditemukannya teknologi komputer yang membuat era mesin tik tradisional berakhir. Komputer yang dulu masih sangat sederhana, dimana setiap orang yang hendak menggunakannya harus mempunyai dua disket, disket pemancing dan disket data, semakin berkembang dengan munculnya era hard disk. Perkembangan ini kemudian ditindaklanjuti oleh Bill Gates, yang bersama perusahaan Microsoftnya membuat tugas mengetik, menghitung, dan mempresentasikan menjadi lebih mudah dilakukan dan disukai oleh banyak orang dibandingkan ketika mereka harus menggunakan program Word Star, lotus ataupun Chi Writer yang rumit dan terbatas.

    Masa keemasan komputer kemudian semakin marak dengan berkembangnya internet. Tahun 1983, hanya ada 200 komputer di dunia yang terhubung dengan internet. Namun, perlahan tapi pasti, dalam 30 tahun terakhir, perkembangannya menjadi sangat luar biasa. Saat ini, ratusan juta komputer di dunia terhubung dengan internet. Perkembangan ini membawa teknologi web yang diaplikasikan pada internet, menjadi referensi yang sangat efektif bagi dunia hiburan, perbankan, pelayanan dan pendidikan, untuk diadopsi guna meningkatkan promosi dan pelayanan yang mereka lakukan.

    Perkembangan software komputer yang begitu pesat, diimbangi pula oleh perkembangan hardware yang tidak kalah melesatnya. Perkembangan hardware tidak hanya dari tingkat ugrade kecepatan sehingga komputer dapat menyesuaikan dengan software terbaru, tapi juga membuat bagaimana hardware menjadi semakin kecil ukurannya, tapi kekuatan dan daya tahannya semakin besar. Seiring dengan keberhasilan akan dua hal ini, maka lahirlah device mini berbasis komputer, seperti laptop, notebook, netbook, smartphone, tablet dan juga phablet.

    Perkembangan diatas membuat semakin banyak kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dunia. Semua aktifitas berjalan dengan efisien, cepat dan lancar. Tidak terkecuali di dunia pendidikan. Perkembangan teknologi, dimanfaatkan oleh para pengajar untuk membuat pengajaran mereka lebih efektif, efisien dan menyenangkan. Tujuan mereka tentunya agar dengan adanya atmosfer pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan, akan memudahkan siswa mengerti materi ajar yang disampaikan dan membuat mereka menyenangi pelajaran yang mereka bina. Selain itu, teknologi yang berkembang dapat juga membantu komunikasi yan maksimal antara pengajar dan peserta ajar, peserta ajar dan sumber belajar, serta diantara peserta ajar seperti yang diungkapkan oleh Boettcher (1999) dalam tiga mode dasar dialog komunikasi.

    Demikian pula halnya dengan pengajaran bahasa. Kemajuan di bidang teknologi benar-benar banyak manfaatnya, karena pengajaran bahasa banyak berhubungan dengan suara dan visual. Dalam suatu jurnal yang berjudul Integrating ICT into Language Learning and Teaching (2008), Inga Rozgiene, Olga Medvedeva dan Zuzana Straková menyarankan penggunaan beberapa aplikasi komputer, baik secara online ataupun offline yang sangat bermanfaat dalam pengajaran bahasa asing, aplikasi tersebut diantaranya blogs, wiki, audio player 3, podcast, screenshot, dan flickr.

    Selain beberapa software tersebut, di makalah ini penulis akan membahas beberapa hardware dan software yang berdasarkan pengalaman penulis banyak memberikan manfaat dalam memberikan pengajaran bahasa Inggris yang menarik, bermanfaat dan menyenangkan baik bagi pembelajar maupun pengajar.
    Teknologi komputer dan manfaatnya dalam dunia mengajar

    Ketika kita melihat tahap teknologi yang sudah begitu luar biasa dewasa ini, sehingga bisa menyatukan semua manusia di dunia dalam satu kesamaan pengetahuan dari berbagai sumber informasi, maka tahap ini harus dicapai melalui tahap-tahap yang sangat sederhana terlebih dahulu. Hal ini seperti yang dinyatakan oleh Miarso (2007 : 62) bahwa:


    Teknologi adalah proses yang meningkatkan nilai tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk , produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem.
    Sebagai contoh, komputer multimedia yang kita gunakan saat ini, pada awalnya hanya mempunyai fungsi sebagai alat untuk mengetik, menghitung, menggambar, mengedit photo dan mempresentasikan hasil penelitian. Namun seiring dengan berkembangnya inovasi-inovasi di bidang komputer, serta adanya sifat manusia yang selalu ingin memperoleh kemudahan dan keefektifan, maka secara bertahap komputer berkembang menjadi alat multimedia yang memenuhi kebutuhan tidak hanya untuk melakukan pekerjaan, tapi juga alat penghibur ketika mereka membutuhkan hiburan.

    Teknologi selalu dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Teknologi yang paling berkembang secara signifikan adalah teknologi di bidang komputer. Perkembangan teknologi komputer semakin siginifikan setelah era internet semakin marak. Teknologi pada internet, menjadi suatu fondasi dalam memudahkan semua jenis interaksi secara online, baik interaksi sosial maupun interaksi formal. Interaksi sosial adalah interaksi yang melibatkan semua orang di dunia untuk berinteraksi karena adanya hubungan sosial pertemanan ataupun kekeluargaan. Contohnya, melalui aplikasi online facebook mereka dapat bertemu lagi, berinteraksi dan memperoleh teman-teman baru. Sedangkan interaksi formal adalah interaksi karena adanya hubungan yang berkaitan dengan pekerjaan. Misalnya, seorang klien yang memesan tiket secara online kepada biro perjalanan ataupun seorang manajer yang berinteraksi lewat teleconference dengan bawahannya.

    Perkembangan teknologi ini tentunya menyentuh pula aspek pendidikan. Perkembangan perangkat keras, baik dari sisi komputer itu sendiri atau pernak-perniknya, dan perangkat lunak benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh para pendidik dalam bidang keilmuan apapun.

    Ada banyak sekali program aplikasi yang digunakan dalam pendidikan dan pengajaran. Program-program tersebut tidak hanya berkaitan dengan pelaksanaan proses belajar mengajar yang digunakan oleh para guru atau dosen, tapi juga program-program penunjang sektor pendukung pendidikan yang biasa digunakan oleh tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugasnya. Pemanfaatan komputer dalam bidang pendidikan dikarenakan komputer mempunyai banyak keuntungan, diantaranya: komputer dapat memainkan berbagai bentuk multimedia, komputer dapat menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar, komputer apabila terhubung dengan internet dapat memberikan informasi-informasi yang berguna secara cepat dan nyaris tanpa batas, dan komputer dapat membantu berbagai macam pekerjaan yang berkitan dengan pengetikan, penghitungan, membuat dan mengedit gambar atau photo, serta melakukan presentasi. Semua keuntungan ini adalah bentuk-bentuk referensi inovasi yang dapat dimanfaatkan pengajar dan tenaga kependidikan dalam memaksimalkan pekerjaan mereka.

    Beberapa program aplikasi yang biasa digunakan dalam dunia pendidikan dan pengajarana diantaranya: Computer Assisted Intsruction (CAI), Computer Based Education (CBE), ICT, Computer Based Training (CBT), Computer Based Instruction (CBI), Distance Learning, Distance Education, Cybernetic Learning Environment (CLE), Desktop Video Conferencing, Integrated Learning System (ILS), Learner-Cemterted Classroom (LCC), Teleconferencing, WBT (Web-Based Training), dan beberapa lagi lainnya.
    Perangkat keras dan perangkat lunak yang harus dimiliki dan dikuasai oleh pengajar Bahasa

    Pada umumnya, ada empat keahlian yang harus diajarkan oleh pengajar bahasa kepada siswanya, keahlian tersebut adalah: (1) menulis, (2) membaca, (3) mendengarkan dan (4) berbicara. Sebelum era komputer marak seperti saat ini, pengajar bahasa hanya memanfaatkan tape recorder untuk mengantarkan materi ajar mendengar yang diberikannya. Untuk materi menulis, membaca dan berbicara umumnya pengajar hanya memaksimalkan interaksi komunikasi dengan para siswa lewat media papan tulis dan pertanyaan serta respon komunikatif.

    Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi perangkat lunak dan perangkat keras komputer, inovasi pengajar bahasa seharusnya berkembang pula. Hal ini dikarenakan, banyak sekali teknologi perangkat lunak dan perangkat keras yang dapat dimanfaatkan agar pengajaran bahasa yang diberikan kepada para siswa menjadi menyenangkan, bermanfaat dan efisien.

    Berikut, penulis akan menggambarkan, perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang wajib dimiliki oleh para pengajar bahasa agar mampu bekerja secara profesional dan mampu memfasilitasi pengajaran bahasa secara menarik, menyenangkan dan mudah dikuasai oleh siswa.



    Perangkat Keras

    Perangkat keras adalah perangkat yanag memfasilitasi kerja perangkat lunak. Dalam dunia pengajaran, perangkat keras yang harus diketahui, dan beberapa diantaranya harus dimiliki oleh setiap pengajar diantaranya adalah:



    • Personal Computer

    Personal computer adalah komputer yang wajib dimiliki oleh seorang pengajar bahasa agar dapat mengerjakan materi-materi ajar dalam bentuk tulisan, gambar, audio maupun video untuk disampaikan kepada siswa-siswanya. Terminologi personal computer biasanya merujuk pada komputer rumahan yang tidak dapat dibawa kemana-mana seperti halnya notebook, netbook, ultrabook.

    • Netbook, notebook, atau ultrabook

    Netbook adalah jenis komputer jinjing yang mempunyai prosesor rendah, dan mempunyai kemampuan grafis terbatas. Notebook, adalah jenis komputer jinjing yang mempunyai kemampuan menengah, prosesor sedang dan kemampuan grafispun cukup baik. Sedangkan ultrabook adalah jenis komputer jinjing generasi terbaru yang mempunyai kecepatan dan kartu grafis yang sangat tinggi, berlayar besar namun sangat ringan untuk dibawa kemana-mana.

    Seorang pengajar bahasa cukup memiliki komputer jinjing sekelas netbook untuk dapat melaksanakan kewajibannya dalam memberikan pengajaran berbasis ICT yang menarik dan penuh keilmuan kepada para siswanya. Karena, semua aplikasi yang diperlukan untuk membuat materi dan penyampaian pelajaran dapat diolah dengan cukup baik dengan menggunakan netbook dan nyaris tanpa hambatan sama sekali.



    • Scanner

    Kebanyakan orang mempunyai imajinasi bahwa mesin scanner hanya berguna untuk memindai gambar-gambar belaka, tapi bagi seorang pengajar yang mempunyai mobilitas tinggi, mesin scanner sangat berguna untuk memindai teks-teks dari suatu kertas atau buku sehingga tidak perlu diketik lagi. Hal ini tentunya sangat menghemat waktu karena untuk seorang pengajar bahasa, sesi reading comprehension yang memerlukan banyak teks yang harus diketik, menjadi lebih ringan dikerjakan karena adanya bantuan mesin scanner ini.

    • Printer

    Apapun jenisnya, printer adalah alat pencetak dokumen yang mutlak harus dimiliki oleh seorang pengajar. Materi ajar, baik itu materi dalam warna hitam putih ataupun berwarna, dapat dicetak dengan menggunakan mesin printer ini.

    • Flashdisk dan external hard disk

    Seorang pengajar membutuhkan alat simpan materi digital yang dapat menyimpan semua materi ajar dalam bentuk digital yang dipunyainya secara aman, sehingga dapat digunakan kapanpun yang bersangkutan membutuhkannya.

    Saat ini, tersedia dua bentuk penyimpanan digital yang dapat dimiliki, yakni flashdisk dan external hard disk. Flashdisk adalah tempat penyimpanan digital yang mempunyai kapasitas penyimpanan paling besar sebesar 32 gigabyte sampai saat ini, sedangkan external hard disk mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar, dari 200 gigabyte hingg 2 terabyte.

    Pengajar bahasa biasanya memiliki materi yang berkaitan dengan audio dan video, sehingga mengharuskan mereka mempunyai alat penyimpan digital yang besar pula, maka sangat dianjurkan bagi mereka untuk memiliki external hard disk yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar, setidaknya minimal sebesar 320 gigabyte.


    • Infocus Player

    Infocus player adalah alat yang dapat menampilkan materi power point atau dalam bentuk media visual yang dipunyai oleh seorang pengajar pada komputer jinjingnya di layar yang besar sehingga semua peserta ajar di kelas dapat melihat materi tersebut dengan nyaman. Apakah alat ini harus dimiliki oleh pengajar bahasa? Tentunya tidak perlu. Karena alat ini ukurannya besar dan mahal harganya, dan biasanya hampir semua institusi telah memilikinya saat ini. Baru-baru ini salah satu pabrikan device besar dunia mampu membuat infocus player sebesar ukuran handphone dengan pancaran layar maksimal sebesar 42 inci, tapi karena ukurannya yang masih kecil dan hanya terbatas untuk kelas kecil maka alat seperti ini dianggap masih belum sempurna. Namun, sebagai pengajar yang mengharuskan kita bergaul dengan teknologi, maka tidak ada salahnya apabila kita berharap alat ini nantinya akan semakin kecil ukurannya, tapi mampu menampilkan materi yang kita punyai di layar yang lebih besar, dengan harga yang bersahabat pula.
    Perangkat Lunak

    Perangkat lunak adalah program aplikasi yang diinstalkan pada personal computer atau komputer jinjing. Secanggih apapun personal computer ataupun komputer jinjing yang kita miliki, tapi di dalamnya tidak terinstal program apapun, maka barang tersebut tidak ada gunanya sama sekali.

    Dalam menginstal perangkat lunak, kita harus pula melihat fungsi perangkat lunak tersebut, sehingga tidak mubazir dan hanya membuang ruang penyimpanan yang dimiliki oleh personal computer ataupun komputer yang kita miliki.

    Berikut ini beberapa perangkat lunak yang sebaiknya dikuasai oleh seorang pengajar bahasa.



    • Omnipage

    Omnipage adalah suatu program yang dapat digunakan untuk mengkonversi file yang telah discan dan diubah dalam bentuk ekstensi BMP atau TIFF ke dalam bentuk word. Penggunaan aplikasi Omnipage dimulai dengan kemampuan menggunakan scanner. Scanner digunakan untuk menscan materi tulisan yang ada pada buku atau kertas menjadi file BMP atau TIFF lewat program aplikasi Adobe photoshop. Tulisan dalam bentuk file BMP dan TIFF ini kemudian diimpor ke program aplikasi Omnipage dan diprose untuk dirubah dalam bentuk file word.

    Kemampuan menguasai aplikasi ini akan membuat seorang pengajar mampu menghemat waktu mengetik yang biasa dilakukannya ketika harus mengetik teks satu halaman penuh ataupun lebih. Hal ini dikarenakan, apabila seorang pengajar harus mengetik suatu teks bacaan dalam satu halaman penuh pada kertas A4 dengan waktu sekitar setengah hingga satu jam, maka dengan menggunakan aplikasi ini ia dapat mempunyai teks tersebut dalam bentuk digitalnya hanya dalam waktu 3 hingga 5 menit saja. Aplikasi ini tentunya sangat berguna ketika seorang pengajar bahasa mempunyai teks bahasa Inggris untuk mengajar reading comprehension dan harus mengetik teks tersebut, maka pengajar tersebut akan dapat mempunyai materi tersebut dalam bentuk digitalnya dalam waktu yang sangat singkat.



    • Microsoft Office

    Microsoft office adalah suatu program yang wajib dikuasai oleh seorang pengajar dewasa ini. Program yang menyediakan fasilitas mengetik, menghitung, menjadwal, dan juga memfasilitasi presentasi ini adalah program yang sangat powerful untuk membantu mereka yang bekerja di institusi pengajaran karena mampu memfasilitasi secara lengkap semua aktifitas dalam proses belajar mengajar.

    • Adobe in Design

    Adobe in design adalah suatu aplikasi yang dapat membantu penggunanya membuat design tata letak materi seperti layaknya sebuah buku atau majalah yang diterbitkan oleh percetakan profesional. Aplikasi ini sangat membantu ketika pengajar hendak membuat suatu materi dalam bentuk buku atau majalah dengan gambar atau photo sehingga tampak indah dan menarik bagi siswa. Selain itu, aplikasi yang berkaitan dengan desain tata letak ini dapat sangat membantu untuk menghemat jumlah kertas materi yang akan diberikan kepada siswa. Apabila dengan tampilan Microsoft Word materi yang ada dapat mecapai 3 hingga 5 halaman, maka dengan mengaturnya melalui aplikasi ini maka halaman yang ada dapat diringkas hanya menjadi satu halaman.

    • Corel Draw dan Photoshop

    Dua program desain ini adalah dua program aplikasi optional yang apabila dikuasai oleh seorang pengajar akan memberikan manfaat lebih baginya ketika materi ajarnya berhubungan dengan gambar ataupun photo yang akan ditunjukan kepada siswa. Corel Draw dan Photoshop adalah program yang dapat membantu seseorang untuk menggambar dan memoles atau mengedit photo.


    • Cool Edit

    Aplikasi ini adalah aplikasi yang berkaitan dengan audio atau suara. Pengajaran bahasa erat kaitannya dengan suara, hal ini biasanya berkaitan dengan sesi listening comprehension. Aplikasi ini mampu membuat penggunanya mengedit suara sehingga sesuai dengan standarisasi yang diinginkan oleh penggunanya. Salah satu kegunaan lain dari aplikasi ini adalah, mampu mengkonversi materi listening yang ada pada kaset konvensional ke dalam bentuk file dengan ekstensi wave atau MP3.

    Aplikasi ini tentunya sangat berguna bagi seorang pengajar bahasa ketika ia membutuhkan materi listening dalam bentuk yang diinginkannya dan dapat disimpan di penyimpanan komputer jinjingnya, fashdisknya, ataupun eksternal disknya sehingga tidak perlu membawa kaset-kaset yang berat dan memakan banyak tempat.



    • Ulead

    Ulead adalah aplikasi yang berkaitan dengan film. Pada program aplikasi ini pengguna dapat mengedit film, misalnya dengan menambahkan kata atau subtitle pada film tersebut, memotong film tersebut sesuai dengan bagian yang diinginkan dan menyimpannya dalam bentuk MP 4 ataupun format yang competible lainnya.

    Pengajar bahasa yang memerlukan materi film untuk disampaikan kepada siswanya tentunya akan memperoleh kemudahan dan manfaat yang besar apabila menguasai materi ini.

    Semua perangkat keras dan perangkat lunak diatas, apabila dikuasai dengan optimal akan memberikan dampak positif bagi para pengajar bahasa. Perangkat keras dan lunak diatas akan memberikan pengajar kemampuan dalam mengefektifkan waktu, berinovasi pada pendekatan dan teknik pengajaran dengan teknologi yang tersedia, merancang materi pengajaran yang ringkas dan menarik, dan memperkaya materi pengajaran dalam bentuk bacaan, audio serta video.
    Kesimpulan

    Kemajuan teknologi komputer dan pernak-perniknya yang pesat membuat berkembang pula berbagai sektor yang bersentuhan dengan teknologi tersebut. Sektor pendidikan adalah salah satu sektor yang mendapat imbasnya dari kemajuan di bidang teknologi ini. Hal ini dikarenakan, hampir semua aktifitas yang dijalankan di dunia pendidikan, baik yang dilakukan oleh pengajar, pembelajar dan tenaga akademik selalu bersentuhan dengan komputer dan pernak-perniknya.

    Menyesuaikan akan hal ini, sudah sewajarnya apabila semua pihak yang terlibat dalam bidang pengajaran wajib mengikuti perkembangan yang ada agar dapat berinovasi dalam menjalankan kewajibannya sesuai dengan porsi tugas masing-masing.

    Dalam bidang pengajaran bahasa, pengajar harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk berinovasi dalam menciptakan pendekatan dan teknik pengajaran yang bernafaskan kemajuan teknologi yang didukung oleh materi-materi ajar yang tercipta dari maraknya kemajuan di bidang perangkat keras dan perangkat lunak komputer dewasa ini. Selain itu, kemajuan teknologi komputer dan pernak-perniknya, dapat menempatkan pengajar bahasa sebagai fasilitator yang berperan dalam menciptakan kelas interaktif sehingga komunikasi secara dominan dilakukan oleh para murid dengan tujuan agar murid-murid tersebut mampu meningkatkan kemampuan bahasa lisan maupun tulisan yang dimilikinya.




    DAFTAR PUSTAKA

    Harris, Michael, David Mower & Anna Sikorzynska. (2000). Opportunities. Essex: Longman

    Lever, Judy -Duffy & Jean B. McDonald. (2011) Teaching and Learning with Technology. Boston: Pearson.

    Maarif. (2010). Pentingnya-Teknologi-dan-Informasi-dalam-Dunia-Pendidikan. [OnLine]. Terseida: http://www.maarif nu.or.id/Opini/tabid/175/articleType/ArticleView/articleId/153/Pentingnya-Teknologi-dan-Informasi-dalam-Dunia-Pendidikan.aspx

    Mustofa, A. (2009). Tugas Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran. [OnLine]. Tersedia: mustofa-muz.blogspot.com/2009/11/tugas-pendidik-dan-tenaga-kependidikan.html [30 November 2009]

    Rozgiene, Inga, Olga Medvedeva & Zuzana Straková (2008). Integrating ICT Into Language Learning And Teaching. Linz: ODLAC






    Download 56.93 Kb.




    Download 56.93 Kb.

    Bosh sahifa
    Aloqalar

        Bosh sahifa



    Yang sangat berguna untuk digunakan dalam pengajaran bahasa

    Download 56.93 Kb.