• Keywords : Sensor Photodioda, Nuvoton Arm NUC-120, LED, LCD, comparator op-am.p, Speaker.
  • Kata kunci : Sensor Photodioda, Nuvoton Arm NUC-120, Led, LCD, Komparator op-amp, speker.
  • 2. METODOLOGI PENELITIAN 2.1 Tujuan Perancangan
  • 2. 2 Perancangan Hardware
  • 2.2.1 Blok Diagram Rangkaian
  • Gambar 2.1 Blok Diagram Rangkaian
  • Pendeteksi kejernihan air dengan menggunakan led indikator dan lcd berbasis nuvoton arm nuc-120




    Download 3.08 Mb.
    bet1/11
    Sana01.04.2020
    Hajmi3.08 Mb.
      1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11

    PENDETEKSI KEJERNIHAN AIR DENGAN MENGGUNAKAN LED INDIKATOR DAN LCD BERBASIS NUVOTON ARM NUC-120”
    Nina Paramytha IS1 ,Ali Kasim2

    Dosen Universitas Bina Darma1,2

    Jln. Jenderal Ahmad Yani No.3 Palembang

    posel:nina sudibyo@binadarma .ac.id1 , ali.kasim@binadarma.ac.id2




    Abstract : Water clarity Detection Tool Using Led indicators and LCD-based Nuvoton Arm NUC-120, this befungsi To Facilitate Public To determine the level of water clarity. Working Principle Input tool in the form of Power supplay using 220 Volt source of PLN voltage source and is derived using a step-down transformer to be 12 Volt. Sensor input or the input form, which is sent from the light radiated by Led and will be received by the sensor Photodioda. The comparator circuit using LM324 IC as a signal amplifier on the sensor before entering into Microkontroler NUC120. Then Microkontoler NUC120 as a controller to get information from the photodiode signal is used as an input that is processed by Microkontroler so as to output the input which later became the 3 LED and LCD display On.
    Keywords : Sensor Photodioda, Nuvoton Arm NUC-120, LED, LCD, comparator op-am.p, Speaker.

    Intisari : Alat Pendeteksi Kejernihan Air deangan Mengggunakan Led Indikator dan LCD Berbasis Nuvoton Arm Nuc-120, ini Befungsi Untuk Mempermudah Masyarakat Untuk mengetahui Tingkat Kejernihan Air. Prinsip Kerja Alat berupa Input dari Power supplay menggunakan sumber 220 Volt dari sumber tegangan PLN dan diturunkan dengan menggunakan trafo step down sehingga menjadi 12 Volt. Masukan atau Input berupa Sensor, yang dikirim dari cahaya yang di pancarkan oleh Led dan akan di terima oleh sensor Photodioda. Rangkaian komparator tersebut menggunakan IC Lm324 sebagai penguat sinyal pada sensor sebelum masuk ke dalam Microkontroler NUC120. Kemudian Microkontoler NUC120 sebagai pengendali untuk mendapatkan informasi dari sinyal photodioda yang digunakan sebagai input yang diolah oleh Microkontroler sehingga dapat mengeluarkan output yang kemudian menjadi masukan pada 3 LED dan tampilan Pada LCD.
    Kata kunci : Sensor Photodioda, Nuvoton Arm NUC-120, Led, LCD, Komparator op-amp, speker.




    1. PENDAHULUAN

    Air merupakan sumber kehidupan yang sangat diperlukan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan. Air juga digunakan dalam kebutuhan sehari-hari seperti untuk minum, memasak dan mencuci, dan lain-lain. Ahli biokimia, A. E. Needham, dalam bukunya The Uniqueness of Biological Materials, menunjukkan betapa pentingnya air bagi bagi kehidupan manusia hewan dan tumbuhan.. Jika hukum alam semesta memungkinkan keberadaan zat padat atau gas saja, maka tidak akan pernah ada kehidupan. Alasannya adalah atom-atom zat padat berikatan terlalu rapat dan terlalu statis dan sama sekali tidak memungkinkan proses molekuler dinamis yang penting bagi terjadinya kehidupan.

    Air adalah salah satu diantara pembawa penyakit bagi manusia. Supaya air yang masuk baik berupa minuman ataupun makanan tidak membawa bibit penyakit, maka diperlukan pengolahan air yang baik, berasal dari sumber jaringan transmisi atau distribusi yang mutlak diperlukan untuk mencegah terjadinya kontak antara kotoran sebagai sumber penyakit dengan air yang sangat diperlukan. oleh karena itu diperlukan sumber air yang mampu menyediakan air yang baik dari segi kualitas dan kuantitas. Peningkatan kualitas air minum dengan jalan mengadakan pengolahan terhadap air yang akan digunakan sebagai air minum sangat diperlukan, terutama apabila air tersebut berasal dari air permukaan. Pengolahan yang dimaksud bisa dimulai dari yang sangat sederhana sampai yang pada pengolahan yang mahir/lengkap.

    Menurut Departemen Kesehatan Indonesia, air minum yang baik untuk dikonsumsi adalah air minum yang memiliki syarat-syarat antara lain tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna dan tidak mengandung logam berat. Sebagaimana kita ketahui, air yang keruh merupakan satu ciri air yang tidak bersih dan tidak sehat. Pengkonsumsian air keruh dapat mengakibarkan timbulnya berbagai jenis penyakit seperti diare, penyakit kulit. Oleh karena itu, pengujian kekeruhan air sangat dibutuhkan dalam proses pengolahan air, agar air tersebut layak digunakan untuk proses selanjutnya.

    Atas dasar pertimbangan dan alasan tersebut, peneliti membuat suatu peralatan instrumentasi berupa alat Pendeteksi Kejernihan Air Dengan Output Menggunakan Led Indikator dan LCD Berbasis Nuvoton Nuc 120. dan Sensor yang digunakan untuk mengukur kekeruhan menggunakan sensor fotodioda.
    .

    2. METODOLOGI PENELITIAN

    2.1 Tujuan Perancangan

    Perancangan merupakan suatu tahap terpenting dalam pembuatan alat, sebab dengan merancang dapat diketahui komponen apa saja yang akan digunakan sehingga alat dapat bekerja sesuai yang diharapkan.

    Langkah-langkah perancangan meliputi semua tahapan yang berhubungan dengan rangkaian hardware dan software (bahasa pemrograman), misalnya pemilihan komponen, pembuatan PCB, pemasangan komponen dan pengujian rangkaian.Selanjutnya adalah perancangan mekanik. Pada bagian ini dilakukan pekerjaan yang berhubungan dengan bidang mekanik seperti membuat box, mengecat, memberi tanda, merakit, pengeboran untuk bagian-bagian yang sesuai pada rangkaian yang akan dibuat.

    2.2 Perancangan Hardware

    Hardware merupakan komponen utama pada perancangan alat ini yang terdiri dari beberapa bagian blok yang memiliki fungsi kerja yang penting.

    Tahap perancangan dimulai dari pembuatan diagram blok rangkaian, pemilihan komponen, pengaturan tata letak komponen (pembuatan layout), pemasangan komponen sampai dengan proses finishing.



    2.2.1 Blok Diagram Rangkaian

    Blok diagram rangkaian merupakan salah satu bagian terpenting dalam perancangan suatu alat, karena dari blok diagram rangkaian inilah dapat diketahui cara kerja rangkaian keseluruhan. Blok diagram rangkaian “Pendeteksi Kejernihan Air dengan Menggunakan Led Indikator dan LCD Berbasis NUVOTON ARM NUC-120” ditujukan pada gambar berikut :





    Gambar 2.1 Blok Diagram Rangkaian

    Komponen-komponen yang terdapat pada blok diagram yang merupakan bagian dari Perancangan hardware :



    a. Sensor

    Rangkaian sensor terdiri dari dua bagian, yaitu bagian pemancar cahaya dan penerima cahaya. Bagian pemancar adalah LED sebagai piranti yang memancarkan cahaya. Sedangkan bagian penerima adalah fotodioda sebagai piranti yang akan menerima pantulan cahaya LED objek. 





    Download 3.08 Mb.
      1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11




    Download 3.08 Mb.

    Bosh sahifa
    Aloqalar

        Bosh sahifa



    Pendeteksi kejernihan air dengan menggunakan led indikator dan lcd berbasis nuvoton arm nuc-120

    Download 3.08 Mb.