• XII-IPA-5 SMA NEGERI 1 PALIMANAN Jln. KH Agus Salim No. 128 Palimanan Tlp. (0231)341023 CIREBON 4516 6 KATA PENGANTAR
  • “Percobaan Elektroskop Sederhana”.
  • Tabel 1. Beberapa benda yang bermuatan listrik karena digosokkan dengan benda lain
  • Benda Keterangan Mekar atau Tidak
  • BAB V PENUTUP
  • Gosok mika Awal masih kuncup
  • Alat dan Bahan Sampel kuncup kembali Sampel mekar
  • Sampel mekar Sampel kuncup kembali Elektroskop Sederhana
  • Percobaan elektroskop sederhana




    Download 68.09 Kb.
    Sana25.03.2017
    Hajmi68.09 Kb.

    MAKALAH LAPORAN PENELITIAN FISIKA

    PERCOBAAN ELEKTROSKOP SEDERHANA”




    description: e:\41598_112153315512822_7663_n.jpg

    Nama Anggota : 1. Amalia Arisona



    2. Fatima Rima A.

    3. Luthfi Pratama P.S

    4. Moch. Irfan D.

    5. Zahra Milatania

    KELOMPOK II



    XII-IPA-5
    SMA NEGERI 1 PALIMANAN

    Jln. KH Agus Salim No. 128 Palimanan Tlp. (0231)341023

    CIREBON 45166

    KATA PENGANTAR
      Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah memberikan kesehatan dan nikmatnya sehingga kami dapat menyelesaikan karya ilmiah ini yang berjudul Percobaan Elektroskop Sederhana.

      Tugas ini ditujukan untuk memenuhi tugas makalah Fisika yang bertemakan “Percobaan Elektroskop Sederhana”.

      Pertama-tama kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Jamal Al Budairi S.pd., yang telah banyak memberikan bimbingan dan arahan kepada kami tentang bab membuat makalah sehingga kami dapat menyelesaikan karya ilmiah ini.

       Kami menyadari bahwa karya ilmiah ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya, baik dalam isi maupun sistematikanya. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan wawasan kami. Oleh sebab itu,kami sangat mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan karya ilmiah ini.

      Akhirnya, kami mengharapkan semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi kami dan umumnya bagi pembaca.

     Palimanan, 31 Agustus 2014

    Penulis


    DAFTAR ISI

    KATA PENGANTAR…………………………………………….... ii

    DAFTAR ISI……………………………………………………….. iii

    ABSTRAK………………………………………………………...... iv

    BAB I PENDAHULUAN…………………………………...... 1


      1. Latar Belakang Masalah…………………………... 1

      2. Rumusan Masalah………………………………….. 1

      3. Tujuan……………………………………………… 1

      4. Manfaat Penelitian………………………………… 1

    BAB II TINJAUAN PUSTAKA………………………………. 2

    2.1 Kajian teori………………………………………... 2

    2.2 Hipotesis………………………………………….. 4

    2.3 Metode Penelitian…………………………………. 4

    BAB III ISI….………………………………………………….. 6

    3.1 Tabel Hasil Penelitian……………………………… 6

    3.2 Pembahasan ........................……………………….. 6

    3.Analisis Percobaan...........................………………… 6

    BAB IV PENUTUP…………………………………………….. 8

    4.1 Kesimpulan………………………………………… 8

    4.2 Saran………………………………………………. 8

    DAFTAR PUSTAKA……………………………………………….. v

    LAMPIRAN-LAMPIRAN…………………………………………. vi

    ABSTRAK
    Kami telah melakukan percobaan elektroskop sederhana yang bertujuan untuk mengetahui jenis muatan listrik pada benda. Adapun metode percobaan yang kami lakukan yaitu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Melubangi tutup toples plastik dengan gunting. Membengkokkan kawat tembaga berbentuk spiral dan memasukkan pada kawat tembaga. Mendorong kawat melewati lubang toples plastik dan menyisakan kawat pada bagian bawah tutup dan membengkokkan kawat tembaga pada bagian bawah serta menggantungkan 2 aluminium foil pada tekukan bawah kawat tembaga. Menggosokkan mika dengan rambut lalu mendekatkan mika dengan ujung kawat tembaga dan mengamati gerakan yang terjadi pada aluminium foil. Berdasarkan hasil pengamatan ketika mika didekatkan dengan kepala elektroskop, daun elektroskop menjadi mekar. Beberapa saat kemudian dua sisi daun elektroskop yang tadinya mekar akan menguncup kembali. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan diperoleh simpulan yaitu Muatan listrik yang diperoleh dengan cara induksi adalah berbeda jenis dengan muatan yang digunakan untuk menginduksi. Jika benda yang digunakan untuk menginduksi bermuatan listrik negatif, muatan listrik yang diperoleh adalah positif. suatu muatan atom akan saling tolak menolak jika didekatkan dengan atom yang bermuatan sejenis dan akan saling tarik menarik jika didekatkan dengan atom yang berlainan jenis.

    BAB I


    PENDAHULUAN


      1. Latar Belakang

    Sebuah benda dikatakan bermuatan listrik jika mengalami kekurangan atau kelebihan elektron. Setelah bermuatan listrik, muatan tersebut akan diam di dalam benda sehingga muatan listrik tersebut dinamakan muatan listrik statis.

    Listrik statis cahaya dipandang sebagai kuantum energi dengan energi yang diskrit kuantum energi tidak dapat digambarkan sebagai gelombang tetapi lebih. Petir atau halilintar merupakan gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan. Muatan listrik memungkinkan terjadinya fenomena petir. Petir yaitu lompatan bunga api antara dua massa dengan medan listrik berbeda, yang ditandai dengan adanya loncatan muatan listrik antara awan dengan bumi atau awan dengan awan.



      1. Rumusan Masalah

    1. Bagaimanakah cara mengetahui ada atau tidaknya muatan pada suatu benda dengan menggunakan elektroskop?




      1. Tujuan



    1. Mengetahui ada atau tidaknya muatan listrik pada suatu benda menggunakan elektroskop


      1. Manfaat

    1. Mengetahui cara mendeteksi muatan listrik pada sutu benda.

    2. Mengetahui jenis muatan listrik pada suatu benda.

    BAB II

    TINJAUAN PUSTAKA


    2.1 Kajian Teori
    Suatu atom terdiri dari beberapa jenis muatan, yaitu muatan positif (proton), muatan negatif (elektron), dan netral (netron). Masing-masing muatan ini tersebar di dalam suatu atom dengan susunan proton dan netron berada di inti, sementara elektron mengelilinginya. Ketiga muatan ini mempunyai massa masing-masing, elektron merupakan muatan yang memiliki massa paling kecil. Karena massanya yang terkecil ini, electron dapat dengan mudah berpindah ke atom lain, sedangkan proton susah berpindah karena massanya yang cukup besar.

    Suatu molekul yang memiliki muatan akan tarik menarik jika jenis muatannya berbeda dan akan tolak menolak jika jenis muatannya sama. Sedangkan suatu molekul yang bermuatan netral akan terinduksi muatan jika didekatkan dengan molekul yang memiliki muatan dan akan tarik menarik dengan molekul itu.

    Banyak benda yang menjadi bermuatan listrik karena digosok dengan benda lain. Benda-benda tersebut dapat menarik benda-benda lain disekitarnya. Contoh benda-benda yang bermuatan listrik karena digosok dengan benda lain adalah :
    Tabel 1. Beberapa benda yang bermuatan listrik

    karena digosokkan dengan benda lain


    Benda

    Keterangan

    Muatan listrik yang dihasilkan

    Plastik

    Digosok dengan kain wol

    Negatif

    Ebonit

    Digosok dengan kain wol

    Negatif

    Sisir

    Digosok dengan rambut

    Negatif










    A.    Elektroskop

    Elektroskop adalah semua alat yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah suatu benda bermuatan listrik atau tidak dan jenis muatan suatu benda. Bangun elektroskop terdiri atas dua buah daun logam tipis yang dipasang tipis pada ujung batang logam. Ujung lain batang itu biasanya dipasang bola logam (knob). Untuk menghindarkan dari berpindahnya muatan ke udara bebas, batang tersebut dimasukkan ke dalam kaca.

    Contoh gambar elektroskop:
    B.     Prinsip Kerja Elektroskop

    Apabila sebatang pelat politen yang bermuatan negatif didekatkan pada kepala elektroskop yang netral, maka elektron di dalam kepala elektroskop berpindah menuju pelat dan daun elektroskop. Akibatnya, kepala elektroskop kekurangan elektron (bermuatan positif) dan daun elektroskop kelebihan elektron (bermuatan negatif). Pelat dan daun sama-sama bermuatan listrik negatif. Sehingga terjadi gaya tolak-menolak. Dan daun elektroskop membuka (mekar).

    Apabila kepala elektroskop netral di dekatkan sebatang kaca yang bermuatan listrik positif, maka elektron – elektron yang berada pada daun dan pelat elektroskop ditarik menuju kepala elektroskop (Ingat positif-negatif saling tarik menarik). Akibatnya, kepala elektroskop bermuatan listrik negatif, pelat dan daun elektroskop membuka (mekar) karena terjadi gaya tolak menolak.

    Elektroskop yang telah bermuatan listrik ini dapat digunakan unutk mengetahui jenis muatan. Apabila benda yang didekatkan kepala elektroskop menyebabkan daun elektroskop lebih mekar, maka muatan listrik pada kepala elektroskop adalah sejenis dengan benda yang didekatkan. Apabila benda yang di dekatkan menyebabkan daun elektroskop lebih kuncup, maka muatan listrik pada kepala elektroskop adalah tidak sejenis dengan benda yang di dekatkan.



    C.    Memberi Muatan Listrik dengan Induksi

    Induksi elektrostatik adalah pemisahan muatan-muatan pada sebuah benda oleh adanya benda lain yang bermuatan. Pada saat benda bermuatan listrik didekatkan pada sebuah benda netral, terjadi pemisahan muatan pada benda netral itu. Ujung benda netral yang berdekatan dengan penginduksi akan bermuatan sama dengan benda yang menginduksi. Bila benda tersebut dihubungkan ke bumi (misalnya dengan sentuhan). Terjadinya pemindahan elektron dari atau ke bumi melalui tubuh. Setelah benda bermuatan dijauhkan, benda menjadi kekurangan atau kelebihan elektron sehingga benda netral menjadi bermuatan listrik.

    2.2 Hipotesis
    Jika keping foil mengayun ke luar (mekar) berarti benda tersebut memiliki muatan listrik dan sebaliknya, jika keping foil tidak bergerak berarti benda tersebut tidak memiliki muatan listrik.

    2.3 Metodologi Penelitian




    1. Variabel

    a. Variabel Manipulasi : Benda yang akan dideteksi muatannya.

    b. Variabel Respon : Gerak pada alumunium foil

    c. Variabel Kontrol : Tembaga, karet sendal (isolator), botol kaca


    1. Lokasi

    Ruang Kelas XII IPA-5 SMA Negeri 1 Palimanan


    1. Sampel

    Selembar alumunium



    1. Alat dan Bahan

    1.     Botol                             

    2.      Penggaris                                      

    3. Karet Sendal

    4. Tembaga                                       

    5. Kresek Plastik

    6. Sedotan

    7. Tang

    8. Gunting





    1. Langkah Kerja

    1. Menyiapkan alat dan bahan

    2. Merancang alat dan bahan seperti pada rancangan percobaan.

    3.      Menggosok – gosok benda (sisir, mika, penggaris, kayu) terhadap
    benda bermuatan lainnya, misalnya rambut atau kain.

    4.      Membawa  benda bermuatan tersebut mendekati (tetapi tidak


    menyentuh) tembaga bagian atas (kepala) elektroskop.

    5.     Mengamati keping foil . Jika keping foil mengayun keluar (mekar) berarti benda tersebut memiliki muatan listrik dan sebaliknya, jika keping foil tidak bergerak berarti benda tersebut tidak memiliki muatan listrik.

    6. Ulangi langkah di atas untuk benda yang berbeda.

    7.  Mencatat hasil percobaan.

    BAB III

    ISI


    3.1 Tabel Hasil Penelitian


    Benda

    Keterangan

    Mekar atau Tidak

    Penggaris Mika

    Digosok dengan

    • Rambut

    • Kain Wol

    Ya, mekar

    Sedotan

    Digosok dengan

    • Kain wol

    Ya, mekar

    Kresek


    Digosok dengan

    • Rambut

    Ya, mekar

    3.2 Pembahasan


    Setelah elektroskop selesai dibuat, elektroskop tersebut di uji cobakan untuk mengukur muatan pada penggaris mika, keresek dan sedotan yang sebelumnya terlebih dahulu telah digosok-gosokkan pada rambut dan kain wol.









    Berdasarkan hasil pengamatan ketika penggaris mika didekatkan dengan kepala elektroskop, daun elektroskop menjadi mekar. Beberapa saat kemudian dua sisi daun elektroskop yang tadinya mekar akan menguncup kembali. Demikian juga yang terjadi pada sedotan dan kresek.


    3.3 Analisis Percobaan
    Suatu muatan atom akan saling tolak menolak jika didekatkan dengan atom yang bermuatan sejenis dan akan saling tarik menarik jika didekatkan dengan atom yang berlainan jenis. Ketika menggosokkan mika yang awalnya bermuatan netral pada rambut, maka akan berubah bermuatan negatif. Muatan negatif yang ada pada mika ini disebabkan karena elektron yang ada pada rambut dipindahkan ke dalam mika tersebut karena massanya yang kecil sehingga mudah untuk berpindah.

    Mika yang digosokkan dengan rambut bermuatan listrik negatif didekatkan dengan ujung elektroskop netral, elektron-elektron pada tutup elektroskop ditolak oleh mika lalu menuju kebagian bawah elektroskop (daun elektroskop). Sehingga tutup elektroskop bermuatan listrik positif dan daun elektroskop bermuatan listrik negatif. Karena kedua daun elektroskop bermuatan negatif maka akan terjadi tolak menolak yaitu daun elektroskop menjadi mekar. Beberapa saat kemudian dua sisi daun elektroskop yang tadinya mekar akan menguncup kembali. Begitu juga yang terjadi pada sedotan dan kresek. Menguncupnya dua sisi daun elektroskop ini karena banyak elektron yang tertarik dengan atom di udara, atau apapun yang mendukung benda-benda itu terlistrikkan seperti tangan, dan perubahan ini merupakan sebuah keseimbangan di alam.



    BAB V

    PENUTUP
    4.1 Kesimpulan
    Berdasarkan percobaan yang dilakukan, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah :

    1.    Muatan listrik yang diperoleh dengan cara induksi adalah berbeda jenis dengan muatan yang digunakan untuk menginduksi. Jika benda yang digunakan untuk menginduksi bermuatan listrik negatif, muatan listrik yang diperoleh adalah positif.

    2. Penggaris mika, sedotan dan kresek akan memiliki muatan negatif setelah digosok dengan rambut atau kain wol

    3.    Benda bermuatan listrik sejenis tolak-menolak, dan benda bermuatan listrik tidak sejenis tarik menarik.


    4.2.     Saran

    Setelah kami melakukan penelitian di atas, penulis memberikan saran kepada pembaca, yaitu :

    1. Lakukan penelitian dengan seteliti mungkin, sehingga menghasilkan hasil yang maksimal.


    DAFTAR PUSTAKA
    http://ml.scribd.com/doc/50627589/LAPORAN-PRAKTIKUM-FISIKA-DASARII.

    http://ml.scribd.com/doc/85465739/Percobaan-Elektroskop-Sederhana.

    http://trilailatulsains.blogspot.com/p/laporan-praktikum.html



    LAMPIRAN

    Gosok mika

    Awal masih kuncup
    mika.jpg c:\users\c4\appdata\local\microsoft\windows\temporary internet files\content.word\wp_20141013_006.jpg
    Alat dan Bahan




    Sampel kuncup kembali

    Sampel mekar

    Awal masih kuncup

    Gosok sedotan
    crop4a.jpg crop3a.jpg sedotan awal.jpg sedotan gosok rambut.jpg
    Sampel mekar

    Sampel kuncup kembali

    Elektroskop Sederhana
    eleksed.jpg


    Download 68.09 Kb.

    Bosh sahifa
    Aloqalar

        Bosh sahifa


    Percobaan elektroskop sederhana

    Download 68.09 Kb.