• 2.HUKUM COULUM
  • 1. muatan listrik dan muatannya




    Download 418.91 Kb.
    bet1/3
    Sana05.07.2020
    Hajmi418.91 Kb.
      1   2   3

    1.MUATAN LISTRIK DAN MUATANNYA

    Muatan listrik, adalah muatan dasar yang dimiliki suatu benda. Satuannya adalah coulumb, yang merupakan 6.24 x 1018 muatan dasar.muatan listrik merupakan sifat dasar yang dimiliki oleh benda baik itu berupa proton (muatan positif)  maupun elektron (muatan negatif). Muatan listrik total suatu atom atau materi ini bisa positif,begitu pula sebaliknya. Besarnya muatan tergantung dari kelebihan atau kekurangan elektron, oleh karena itu muatan atom merupakan kelipatan dari satuan muatan listrik dasar. Dalam atom yang netral, jumlah proton akan sama dengan jumlah elektron yang mengelilinginya.



    Benda bermuatan listrik ialah benda yang mempunyai kelebihan sejumlah elektron atau proton. Benda yang kelebihan sejumlah elektron akan bermuatan negatif dan yang kelebihan sejumlah proton dikatakan bermuatan positif. Sekelompok partikel bermuatan,misalnya atom-atom, atau elektron-elektron, selalu menempati suatu volume tertentu.  Jika ukuran volume yangditempati partikel-partikel      bermuatan tersebut sedemikian kecilnya dibandingkan dengan jarak-jarak lain dalam persoalan yang dibicarakan, maka partikel bermuatan tersebut dikatakan muatan titik. Dalam literatur biasa digunakan huruf q atau Q untuk menyatakan jumlah kelebihan muatan positif atau negatif pada suatu benda.

    Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap muatan Q besar atau kecil, positif atau negatif adalah merupakan kelipatan dari :

     

    Disini “e” adalah muatan untuk satu elektron dan Coulomb (C) adalah satuan muatan listrik. Contohnya, “Q=0,5 C” berarti “kuantitas muatan listrik adalah 0,5 coulomb”.



     

     

    2.HUKUM COULUM



    dilambangkan dengan C, adalah satuan SI untuk muatan listrik, dan didefinisikan dalam ampere 1 coulomb adalah banyaknya muatan listrik yang dibawa oleh arus sebesar 1 ampere mengalir selama 1 detik. 1 coulomb adalah 6.24×1018 kali muatan elektron. Gambar1-1menunjukkan dua  muatan titik QI dan Q2 terpisah pada jarak r dengan QI terletak dipusat salib sumbu XYZ. Hukum Coulomb menyatakan bahwa gaya elektrostatika pada muatan Q2 akibat muatan QI

    adalah:
    degan besarannya 

    Download 418.91 Kb.
      1   2   3




    Download 418.91 Kb.

    Bosh sahifa
    Aloqalar

        Bosh sahifa



    1. muatan listrik dan muatannya

    Download 418.91 Kb.