• Pengertian Sistem operasi Komputer
  • Sistem Operasi
  • Sistem Operasi Kompute
  • Mengenal Pengertian Sistem Operasi




    Download 271.92 Kb.
    bet1/3
    Sana26.12.2019
    Hajmi271.92 Kb.
      1   2   3

    Mengenal Pengertian Sistem Operasi




    Sistem Operasi atau Operating System (OS) merupakan softwere yang peting bagi perangkat elektronika seperti Komputer dan Handphon. Sistem Operasi menjadi penting sebabebab Sistem operasi ini yang mengontrol dan mengatur perangkat keras serta melakukan operasi-operasi dasar dari perangkat elektronika tersebut. Hal lain yang dikerjakan oleh sistem operasi adalah melakukan layanan yang bersifat umum inti, misalnya mengakses disk, pengaturan memori, dan tufgas-tugas lain yang berkaitan dengan hardwere. Dengan kata lain, Sistem Operasi menjadi penghubung antara softwere aplikasi komputer dengan hardwere, sehingga softwere aplikasi tersebut dapat mengakses hardwere dengan baik.

    Sistem Operasi ini berupa sofwere yang juga dapat menjalankan softwere lain misalnya softwere pengolak kata, spreadsheet, design grafis, dan web browser. Ketika Komputer dinyalakan, yang pertama kali dijalankan adalah Sistem Operasi sebelum softwere lain dijalankan.


    Secara umum, Sistem Operasi terdiri dari bebeeapa bagian:



    1. Mekanisme boot (meletakkan karnel kedalam memory) Pada saat komputer dihidupkan, hal yang dilakukan adalah meletakkan karnel Sistem Operasi kedala memory komputer, sehingga Sistem operasi berjalan dan siap digunakan.

    2. Karnel merupakan softwere utama dari Sistem Operasi untuk mengakses hardwere komputer secara aman.

    3. Command Interpreter Bertugas membaca input dari pengguna.

    4. Pustaka-pustaka Menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain

    5. Driver Berfungsi untuk ntuk berinteraksi dengan hardware eksternal (misal Printer), sekaligus untuk mengontrol mereka.

    Pada saat ini, pengguna komputer dimudahkan dengan banyaknya jenis sistem operasi yang tersedia. Masing-masng jenis Sistem Operasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pengguna komputer dapat memilih Sistem Operasi mana yang di sukai untuk di pakai di komputernya. Sistem operasi yang populer yang tersedia misalnya Linux. Sistem Operasi Linux ini memiliki banyak sekali jenis. Untuk lebih jelanya silahkan baca artikel mengenal linux. Sistem Operasi yang populer juga bagi pengguna komputer adalah dari windows dan Mac OS.


    Pengertian Sistem Operasi Komputer




    Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

    Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

    Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.




    Download 271.92 Kb.
      1   2   3




    Download 271.92 Kb.

    Bosh sahifa
    Aloqalar

        Bosh sahifa



    Mengenal Pengertian Sistem Operasi

    Download 271.92 Kb.