• Personal IPhone Calling.
  • Aplikasi Internet Telepon Desktop Komputer




    Download 110.59 Kb.
    bet1/3
    Sana01.04.2020
    Hajmi110.59 Kb.
      1   2   3

    Aplikasi Internet Telepon Desktop Komputer

    Onno W. Purbo


    Pada kesempatan ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa alternatif aplikasi internet telepon dengan menggunakan desktop komputer. Mengapa kita memilih desktop komputer sebagai sarana internet telepon? Ada beberapa hal perlu kita perhatikan secara seksama dan hal ini yang akan menyebabkan desktop menjadi menarik, diantaranya adalah:


    • Kemudahan instalasi. Isu ini penting untuk sebagian besar bangsa Indonesia yang sudah cukup banyak tekanan ekonomi pada hari ini, sehingga kita harus meninggalkan / menjauhi hal-hal yang dapat meningkatkan tekanan darah. Salah satu hal tersebut adalah dengan memilih card yang akan menggunakan resource yang sangat minimum yaitu operasi Zero IRQ. Dengan Zero IRQ maka anda dapat menginstalasi card tanpa kesulitan dalam waktu kira-kira setengah jam saja.

    • Infrastruktur. Penggunaan infrastruktur yang ada semaksimal mungkin sebaiknya diusahakan. Jangan sampai kita harus memasang colokan kabel listrik, kabel telepon yang baru sebelum kita dapat menggunakan sistem yang baru ini.

    • Fleksibilitas. Jika ternyata dibutuhkan untuk mengupdate sistem terhadap perkembangan jaman / waktu. Apa yang harus kita lakukan? Apakah cukup melakukan upgrade software saja? Atau perlu melakukan kanibalisasi besar-besaran? Seberapa fleksible sistem yang kita gunakan dengan perkembangan jaman? Kuncinya cari sebuah produk yang sifatnya terbuka (open) yang didukung oleh banyak vendor.

    • Kompatibilitas. Dalam arena internet phone untuk desktop saat ini tampaknya akan bermuara pada beberapa vendor yang dominan, terutama Microsoft NetMeeting & VocalTec Internet Phone. Aplikasi-aplikasi ini yang menjadi inti dari Voice over IP saat ini, yang ditunjang berbagai vendor sehingga memungkinkan adanya video conferencing dll. Jangan lupa untuk mencheck kompatibilitas dengan standar terbuka seperti H323 untuk panggilan telepon-nya.

    • Kemudahan penggunaan. Agar sebuah alat dapat diadopsi dengan mudah maka pengguna jangan sampai merasa sulit dalam menggunakan alat tersebut. Kalau bisa bahkan dengan cara menelepon biasa dia dapat menggunakan VoIP ini. Tentunya alat yang sama harus memungkinkan untuk dikembangkan menjadi aplikasi video conference secara penuh.

    • Kualitas. Kualitas merupakan kunci keberhasilan dalam aplikasi VoIP. Jangan kaget jika kualitas suara di Interent / di LAN ternyata sangat bervariasi. Untuk jaringan IntraNet kemungkinan agak mudah untuk menjaga kualitas ini, akan tetapi untuk jaringan publik seperti Internet agak sulit. Kita harus menjaga agar kualitas suara kita di jaringan publik tetap terdengar baik oleh klien, jangan sampai yang terjadi sebaliknya.

    • Biaya. Biaya merupakan unsur yang sangat penting bagi kebanyakan SOHO (Small Office Home Office). Biaya yang dibutuhkan untuk multiple port gateway yang cukup besar adalah sekitar US$2000-5000 / port, memang sangat besar. Akan tetapi untuk kelas SOHO dengan satu port saja, maka dibutuhkan biaya US$200-500 / desktop. Salah satu solusinya adalah card-card kompresi suara untuk internet telepon yang dikeluarkan oleh Quicknet http://www.quicknet.net yang berharga sekitar US$150-220. Jelas solusi desktop komputer ini sangat menguntungkan untuk kelas SOHO. Kunci sebenarnya adalah biaya Internet telepon harusnya hampir sama atau sedikit lebih tinggi daripada biaya telepon biasa.

    • Arah perkembangan. Jangan sekali-sekali mengunci diri sendiri pada sebuah sistem sehingga tidak / sulit untuk berkembang dikemdian hari. Penggunaan PC menjadi sangat menarik karena perkembangan PC sangat cepat dan mudah sekali untuk mengupgrade sistem yang kita miliki. Oleh karena itu sangatlah disarankan untuk menggunakan PC sebagai basisnya untuk memudahkan pengembangan lebih lanjutnya.

    • Basis untuk aplikasi. Jika anda seorang developer perangkat lunak untuk VoIP, sangat saya sarankan untuk melihat kemungkinan untuk mengembangkan perangkat lunak VoIP. Ada beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan, yaitu (1) penggunakan open API Free terutama dari Microsoft tools, (2) compliance kepada standar seperti H323, WAV, instalasi plug-and-play dll. Dan (3) cari dukungan pengembangan.

    Beberapa alternatif aplikasi yang akan menarik kita semua dengan mengintegrasikan telepon dengan Internet. Tujuan utama yang ingin dicapai adalah memaksimalkan penggunaan infrastruktur internet dan telepon, sehingga kita memperoleh manfaat yang maksimal – beberapa contoh aplikasi yang mungkin menarik ini antara lain adalah:






    Personal IPhone Calling.


    Bagi pengguna awal VoIP pada umumnya penggunaan / pengiriman percakapan melalui Internet umumnya agak membingungkan & biasanya memberikan kesan bahwa komunikasi PC multimedia akan sangat terbatas pada PC-to-PC communication saja. Tampak pada gambar ada tiga (3) buah alternatif komunikasi yang dapat dilakukan, yaitu:


    1. hubungan dengan PC multimedia yang terkait ke Internet / Intranet.

    2. Hubungan dengan PC lain yang dilengkapi card Internet PhoneJACK. Kedua hubungan ini dikenal sebagai hubungan PC-to-PC.

    3. Hubungan dengan pesawat telepon biasa melalui hop-off gateway seperti IDT Net2Phone (http://www.net2phone.com) atau VocalTec ITSP (Internet Telephony Service Provider) Network (http://www.vocaltec.com) yang dikenal sebagai hubungan PC-to-Phone. Tentunya karena hop-off gateway harus membayar pulsa pada infrastruktur telkom lokal maka kita perlu berlangganan ke hop-off gateway tersebut dan membayar pulsa telepon lokal-nya yang tentunya masih jauh lebih murah daripada melakukan hubungan SLI / SLJJ biasa.

    Jelas dengan menggunakan infrastruktur Internet maka ke tiga alternatif hubungan komunikasi yang dapat dilakukan dapat menekan biaya khususnya untuk SLI & SLJJ biaya pulsa menggunakan Internet jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa jaringan telekomunikasi konvensional seperti Telkom / Indosat. Untuk melakukan ini semua menggunakan desktop komputer yang dibutuhkan tampak tabel dibawah.




    Perusahaan

    Produk

    Harga

    URL

    Quicknet Technologies, Inc

    Internet PhoneJACK

    $159.95

    http://www.quicknet.net

    Microsoft Corporation

    NetMeeting

    Gratis

    http://www.microsoft.com/netmeeting

    VocalTec Communications.

    Internet Phone

    $49.95

    http://www.vocaltec.com

    IDT

    Net2Phone




    http://www.net2phone.com

    (download rate)




    Download 110.59 Kb.
      1   2   3




    Download 110.59 Kb.

    Bosh sahifa
    Aloqalar

        Bosh sahifa



    Aplikasi Internet Telepon Desktop Komputer

    Download 110.59 Kb.