• Batch Processing
  • Distributed Processing
  • Peer To Peer System
  • Jaringan komputer konsep jaringan




    Download 16.04 Kb.
    bet1/2
    Sana07.06.2021
    Hajmi16.04 Kb.
      1   2

    JARINGAN KOMPUTER

    KONSEP JARINGAN

    Muncul pertama kali tahun 1940-an di Amerika Serikat sebagai proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan Group Riset Harvard University yang dipimpin oleh Profesor H. Aiken.
    Awalnya proyek tersebut dimaksudkan untuk memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama, untuk mengerjakan beberapa prosestanpa harus banyak membuang waktu, dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program dapat dijalankan dalam sebuah komputer sebagai sebuah antrian.

    Tahun 1950-an, berkembang konsep distribusi proses pada super komputer. Konsep ini didasarkan pada waktu dan kemudian dikenal dengan istilah Time Sharing System. Konsep ini muncul karena komputer harus melayani banyak terminal yang terhubung dengannya.


    Hal ini merupakan awal aplikasi dan terbentuknya jaringan (network) komputer.

    Pada jaringan time sharing system beberapa terminal dihubungkan secara seri ke sebuah pusat komputer (host). Time sharing system merupakan awal berpadunya teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yuang sebelumnya berkembang secara terpisah.


    Pada tahun 1970-an awal, para user merasakan adanya beban pekerjaan yang semakin banyak, sedangkan harga perangkat komputer besar sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses terdistribusi (Distributed Processing).

    Dalam proses terdistribusi, beberapa pusat komputer (host) mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara pararel untuk melayani banyak terminal yang terhubung secara seri disetiap pusat komputer. Proses terdistribusi, memerlukan perpaduan teknologi komputer dan telekomunikasi, karena proses harus didistribusikan dan semua pusat komputer harus melayani terminal-terminalnya dalam sebuah perintah dari komputer pusat.

    Tahun 1980-an awal, harga komputer kecil semakin menurun dan konsep proses terdistribusi sudah matang, mendorong semakin beragamnya penggunaan komputer dan jaringannya, mulai dari menangani proses bersama maupun komunikasi data / informasi di antara komputer yang kemudian dikenal dengam istilah Peer To Peer System.



    Download 16.04 Kb.
      1   2




    Download 16.04 Kb.

    Bosh sahifa
    Aloqalar

        Bosh sahifa



    Jaringan komputer konsep jaringan

    Download 16.04 Kb.