• BAB 1. KLASIFIKASI TEKNOLOGI INFORMASI
  • BAB 2. KESIMPULAN
  • DAFTAR PUSTAKA
  • Bab klasifikasi teknologi informasi




    Download 22.85 Kb.
    Sana04.04.2017
    Hajmi22.85 Kb.

    BAB 1. KLASIFIKASI TEKNOLOGI INFORMASI

    Teknologi informasi berdasarkan tujuannya dapat diklasifisikan menjadi beberapa macam, TI dapat diklasifisikan berdasar fungsi system, menurut dukungan terhadap level manajemen di perusahaan, menurut ukuran,dan menurut input data yang diolah. Berikut ini penjelasan tentang klasifikasi teknologi informasi.



      1. Klasifikasi Berdasarkan fungsi sistem

    Teknologi informasi berdasarkan fungsi yang dikerjakan system ,dapat dibedakan menjadi tiga yaitu sistem teknologi informasi yang melekat (embedded IT System), sistem teknologi informasi yang khusus (dedicated IT system), dan sistem teknologi informasi serbaguna (purpose IT System). Berikut ini penjelasan dari tiap – tiap klasifikasi diatas antara lain.

    1. Embedded IT system

    Embedded IT system adalah sistem teknologi yang melekat pada produk lain. Misalnya sistem VCR (Video Casette Recorder) memiliki sistem teknologi informasi yang memungkinkan pemakai dapat merekam tayangan televisi. Contoh kedua dapat dijumpai pada sistem TI pada lift dapat digunakan untuk mengendalikan gerakan lift pada perkantoran.

    http://4.bp.blogspot.com/-py2tlgsgjfc/tfmkd6iv0oi/aaaaaaaaabm/tvx8vuz3yiu/s200/vcr2.jpghttp://4.bp.blogspot.com/-7kjm1h7jeji/tfmkioiogbi/aaaaaaaaabq/s5tf6jif9m0/s200/elevator.jpg

    Gambar 1.1 contoh embedded IT sytem



    1. Dedicated IT system

    Dedicated IT system merupakan system teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas – tugas khusus seperti ATM yang dirancang untuk melakukan tugas khusus yakni melakukan transaksi keuangan bagi nasabah bank.

    http://1.bp.blogspot.com/-wpkx4d5hd9c/tfml4eajg-i/aaaaaaaaabu/7ouv80iyrx0/s200/180px-atm_750x1300.jpg

    Gambar1.2 contoh dedicate IT system



    1. General purpose IT system

    General purpose IT system merupakan sistem teknologi informasi yang digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum. Misalnya PC (personal computer), yang merupakan peralatan yang dipakai di rumah atau perkantoran untuk mencatat pengeluaran, melakukan perhitungan statistik, atau membuat suatu dokumen.

    http://1.bp.blogspot.com/-zgkyritsy-a/tfmm1laimmi/aaaaaaaaaby/tn4xb2vqxo0/s200/oneal.jpg

    Gambar1.2 contoh general purpose IT system



      1. Klasifikasi berdasar ukuran

    Teknologi informasi menurut ukurannya dapat dibedakan menjadi empat yaitu super computer, mainframe, work station, micro computer, dan micro controller.
    General (lot. generalis - umumiy, bosh) - qurolli kuchlardagi harbiy unvon (daraja). Dastlab, 16-a.da Fransiyada joriy qilingan. Rossiyada 17-a.ning 2-yarmidan maʼlum. Oʻzbekiston qurolli kuchlarida G.


    1. Super computer

    Super computer merupakan jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling cepat Biasanya komputer ini digunakan untuk menanganiaplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks.
    Kompyuter (ing . computer - hisoblayman), EHM (Elektron Hisoblash Mashinasi) - oldindan berilgan dastur (programma) boʻyicha ishlaydigan avtomatik qurilma. Elektron hisoblash mashinasi (EHM) bilan bir xildagi atama.
    Contoh dari jenis komputer super yaitu Cray dan IBM ASCI White.

    1. Mainframe

    Mainframe disebut juga komputer besar. Mainframe merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan skala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang besar. Contoh jenis komputer ini yaitu IBM S/390 Paralel Enterprise Server.

    1. Workstation

    Komputer workstation merupakan mesin yang powerfull yaitu di komputer ini segala pekerjaan dapat diselesaikan. Komputer –komputerini memiliki kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit. Komputer – komputer ini menggunakan unix atau beberapa sistem operasi NT. Komputer –komputer ini dilengkapi dengan processor RISC yang powerfull seperti Digital Alpha atau MIPS.

    1. Mikro komputer

    Komputer mikro merupakan komputer personal (PC). PC biasanya berupa dekstop, yaitu komputer yang biasanya digunakan di tempat kerja atau belajar. Dengan perkembangan teknologi hardware PC saat ini menjadi semakin kecil seperti notebook. Bahakan saat ini telah terdapat PC tablet, personal data asistant (PDA) atau pocket PC.

      1. Klasifikasi berdasarkan data masukan yang diolah

    Berdasar data masukan yang diolah, teknologi informasi dapat diklasifikasikan menjadi tiga yakni komputer analog, komputer digital, dan komputer hybrid.

    1. Komputer analog

    Komputer analog biasanya digunakan untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan, bukan berupa data angka, melainkan dalam bentuk fisik seperti arus listrik, temperatur, tekanan, kecepatan,dan lain – lain. Hasil keluaran atau output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau kontrol sebuah mesin. Komputer ini banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau di rumah sakit untuk memantau denyut jantung. Kelebihan dari komputer ini yaitu kecepatannya dalam menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengolah data tersebut tanpa melelalui proses konversi. Keluaran yang dihasilkan dalam bentuk grafik. Kekurangan dari komputer ini yaitu ketepatannya masih rendah dibanding komputer digital.

    1. Komputer digital

    Komputer digital biasanya digunakan dalam mengolah data dalam bentuk angka atau huruf. Jenis komputer ini digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik. Contohnya laptop dan notebook. Keunggulan dari komputer ini yaitu tingkat ketepatannya tinggi dibanding komputer analog, dapat menyimpan data, data yang disimpan dapat dikoreksi, output yang dihasilkan dapat berupa, output yangdihasilkan dapat berupa huruf, angka, grafis, atau gambar.

    1. Komputer hybrid

    Komputer hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan digital. Karena digunakan untuk aplikasi khusus, diperlukan komputer yang lebihcepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.

    1.4 Peta Konsep




    Embedded IT system



    Dedicated IT system

    Berdasar fungsi system



    Komputer hybrit

    Komputer digital

    General purpose IT system

    Berdasar data masukan yang diolah

    Berdasarkan ukuran

    Komputer analog

    KLASIFIKASI TEKNOLOGI INFORMASI

    Mikro komputer

    Mainframe

    workstation

    Super computer


    BAB 2. KESIMPULAN

    Dari penjelasan diatas dapat di ambil kesimpulan diantarannya :



    1. Teknologi informasi berdasarkan tujuannya dapat diklasifisikan menjadi beberapa macam, TI dapat diklasifisikan berdasar fungsi system, menurut dukungan terhadap level manajemen di perusahaan, menurut ukuran,dan menurut cara melayani permintaa

    2. Teknologi informasi berdasarkan fungsi system yang dikerjakan,dapat dibedakan menjadi tiga yaitu sistem embedded IT System, dedicated IT system, dan purpose IT System

    3. Teknologi informasi menurut ukurannya dapat dibedakan menjadi empat yaitu super computer, mainframe, work station, micro computer, dan micro controller.

    4. Sedangkan Berdasar data masukan yang diolah, teknologi informasi dapat diklasifikasikan menjadi tiga yakni komputer analog, komputer digital, dan komputer hybrid.


    DAFTAR PUSTAKA

    http://desy-pengantarteknologiinformasi.blogspot.com/2011/06/klasifikasi-dan-fungsi-sistem-teknologi.html (diakses pada tanggal 29 September 2013)



    http://jnanayoga-online.blogspot.com/2010/01/klasifikasi-teknologi-informasi.html (diakses pada tangal 27 september 2013)


    Download 22.85 Kb.

    Bosh sahifa
    Aloqalar

        Bosh sahifa


    Bab klasifikasi teknologi informasi

    Download 22.85 Kb.